Senin, 14 Juni 2010

media

Kita tahu tentang sesuatu. Tentang kekuasaan. Dalam beberapa peristiwa penggulingan kekuasaan pemerintah suatu negara baik dengan cara kudeta militer atau pun dengan pergerakan masyarakat sipil maka hal pertama yang diambil alih adalah cara mayarakat berkomunikasi, lewat surat kabar, radio, telivisi atau internet. Informasi adalah kekuasaan.

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan beredarnya video mesum pasangan artis, kita tidak bisa menutup mata dan telinga yang jelas kita sudah tau siapa gerangan artis tersebut. Sebab karena mereka artis atau publik figur (katanya) yang kemudian menjadikan video ini benar-benar diburu dan menyebar populer. Kalau mereka bukan artis tentu akan lain ceritanya.
Bahkan gaung piala dunia saja bisa meredup. Tapi sebelum itu, dinegara Indonesia kita tercinta ini pernah gempar juga masaah cicak dan buaya kemudian, kasus bank century juga makelar kasus, perpajakan dan sangat banyak lagi peristiwa-peristiwa lain yang bila kita cermati satu peristiwa bisa-bisanya tenggelam oleh peristiwa yang lain dengan begitu saja tanpa tahu kelanjutan penyelesaian.

Apa yang kita tahu diluar dari detail peristiwa-peristiwa itu sendiri? Yah, media informasi dan informasi itu sendiri sebagai cara komunikasi antar masyarakat membuktikan kekuasaanya. Bayangkan saja hampir semua media selalu memuat informasi tentang itu hingga mabes polri sekarang juga ikut mengurusi kasus video mesum artis tersebut. aneh memang.

Khusus untuk kejadian perekaman video mesum artis itu. Apakah kejadian semacam itu pada masa yang lampau tidak pernah terjadi? tentu pernah hanya saja media belum mampu menjangkau informasi tentang itu tetapi perkembangan media informasi dan masyarakat yang kian maju yang memungkinkan semua ini terjadi.

Yah, Informasi lewat berbagai media penyebarnya telah membentuk suatu sistem yang aneh yang seketika bisa berubah dalam hitungan waktu yang cukup singkat tapi apakah selamanya akan demikian? Banyak kejadian yang kemudin tidak tahu ujung kejelasanya digantikan oleh yang lain yang kadang bisa diketahui peristiwa terbaru adalah sinyalemen penggulungan informasi berikutnya? Dan tanpa kita sadari kita juga ikut kesana beramai-ramai. Tidak aneh untuk menjadi seperti itu. hehehe. Baik, informasi apa bisa anda bagi hari ini?

3 komentar:

  1. perkembangan media emang sangat cepat deh
    berita video ini katanya sudah diliput E! News loh

    BalasHapus
  2. ya, untung korupsi bukan tergolong prbuatan mesum..coba klau iya..sudah kemana2 itu britanya..

    BalasHapus
  3. Sekarang kebasan media memang tanpa batas Sob, ya itulah resiko selain keuntungan dari kebebasan pers.
    Semoga resikonya bisa ditekan.

    BalasHapus