Selasa, 25 Mei 2010

Memory

Sebenarnya terbuat dari apa kenangan? hingga ia selalu bisa kembali pada waktu yang tidak disepakati. Mungkin hanya nilai dan tema saja yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dialami waktu itu. Nilai atas baik dan buruknya kenangan. Saya kira akan aneh bila manusia tanpa kenangan.

Bisa saja suatu kenanganlah yang membentuk masa kini sesorang tentunya sebagai proses sebab akibat baik yang singkat maupun yang panjang dan disadari atau tidak. Atau mungkin hanya bentuk dari ingatan-ingatan kecil yang emosional saja. Kenangan mengubah wujud dirinya kemudian benar-benar tersimpan dalam part-part memori yang hidup. Kita bahkan tidak berpikir suatu peristiwa yang sedang kita alami saat ini akan kita kenang pada suatu saat dengan ekspresi yang aneh. senyum-senyum sendiri dan untuk ini biasanya seperti setengah gila
atau mungkin tiba-tiba menangis, untuk yang satu ini biasanya kenangan yang memang sangat emosional hingga menyebabkan depresi atau trauma untuk tidak mengulang kejadian yang pernah terjadi itu. Batas waktu yang disebut sebagai kenangna memang sangat tipis, bagaimana tidak sedetik yang telah berlalu pun adalah sebuah kenangan dan anehnya tidak bisa diulang. Kemudian kita mengatakan waktu terlalu singkat. Ah yang benar saja? bukankah waktu berjalan sebagaimana biasanya. 

Dalam suatu festival kita diberi anugrah sebagai juara pertama dengan trofi juara yang kita angkat tiba-tiba kita teringat suatu proses yang kita jalani lantas kita baru berfikir bahwa ini semua tidak hanya perwujudan sebab yang instant, tidak semudah yang dipikir. Atau Dalam kamar rumah sakit kita berbaring dengan kaki patah dibalut dengan gips akibat kecelakaan jalan raya, tiba-tiba terlintas saja kronologisnya dan kemudian berpikir seharusnya tidak keluar rumah waktu itu dan akan tetap memiliki kai yang utuh. Sementara orang-orang disekitar kita akan mengatakan yang sudah biarlah sudah.

Bagaimanapun kita tidak akan bisa lepas dri sebuah kenangan, kecuali kita memutuskan untuk GILA atau mati barangkali. Kenapa kenangan itu lampau? adakah kenangan masa depan? Yah, begitulah kenangan semacm mahkluk aneh yang diciptakan tanpa mau kita. Apakah anda memiliki kenangan untuk dibagi?

4 komentar:

  1. kenangan adalah potongan kolase yang membentuk gambar sejarah kita

    BalasHapus
  2. ada semacam kebekuan disana

    BalasHapus
  3. Sedetik yg lalu adl knangan, detik ini adl kenyataan, dan detik kmudian adl impian... Tdk ada kenangan masa depan melainkan yg ada hanya impian...

    BalasHapus
  4. dan skarng pun bisa tak tahu brada di detik yg mana

    BalasHapus